Jumat, 27 Agustus 2010

Makanan khas Sumatera Barat







Ngomongin soal Kota Padang - Sumatera Barat - ada beberapa makanan khas asli lokal yang sangat khas dan sudah sangat di kenal. Pasti ada sudah tahu. Pada dasarnya memang setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing, baik itu kue tradisional ataupun memang makanan khas yang biasanya ada pada saat-saat tertentu. Tapi makanan khas dan asli Sumatera Barat yang satu ini memang tidak ada mengenal musim ataupun event2 tertentu, karena memang beberapa makanan tradisional yang ada memang dikonsumsi sebagai makanan untuk oleh-oleh, menjamu tamu, ataupun sebagai cemilan. Yaitu keripik balado.
Dan disini, saya ingin menginformasikan kabar gembira untuk anda para perantau Minang ataupun bagi anda yang sangat menyukai makanan khas asli Padang ini, sekarang anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Karena sekarang sudah ada toko keripik balado yang menyediakan berbagai macam makanan khas ataupun tradisional asli dari Minangkabau, Sumatera Barat.
Dengan harga yang terjangkau, anda tidak perlu repot atau sibuk untuk melepas kerinduan anda makanan spesifik dari Padang. banyak makanan khas lainnya. Seperti galamai, keripik sanjai, rendang telur, rendang belut, dan kalau mau tahu keseluruhannya silahkan langsung menuju toko keripik balado. Masalah harga ataupun kualitas, anda tidak perlu khawatir. Karena semua produk yang ada merupakan produk2 yang di produksi pada toko keripik balado yang sudah cukup ternama di kota Padang.
Semoga informasi ini bermanfaat, khususnya untuk anda yang penasaran ataupun kangen dengan makanan-makanan asli dan khas dari Padang. Dan yang terutama sekali adalah, sekarang anda bisa mendapatkannya produk asli dan berkualitas dari Padang dengan mudah dan efisien.
Jenis makanan tradisi terutama yang dihidangkan dalam upacara-upacara adat dan agama terdiri dari makanan pokok: nasi dengan lauk pauknya;
daging, ikan dan sayur-sayuran. Parabuang (dessert/makanan penutup) yang terdiri dari kue-kue dengan bahan beras dan beras pulut. Tidak dikenal makanan pembuka (appetiser).
Ciri utama dari laukpauk makanan pokok dan parabuang; umumnya lauk pauknya berasa pedas dengan bumbu yang beragam, sedangkan parabuang umumnya manis. Proses pembuatan lauk pauk dan parabuang tersebut umumnya membutuhkan waktu yang lama. Umumnya lauk-pauk dan parabuang memakai santan kelapa.

Lauk pauk yang dikonsumsi untuk upacara adat berbeda dengan lauk-pauk yang dikonsumsi sehari-hari. Lauk pauk utama untuk upacara adat batagak pangulu adalah: gulai daging sapi dalam dua macam; gulai merah dan gulai putih. Sedangkan parabuangnya; nasi kuning, wajik, gelamai. Makanan untuk upacara agama (acara hariraya Idhul Fitri, Idhul Adha, Maulud Nabi) biasanya; lemang, paniaram. Upacara-upacara yang spesifik seperti acara perkawinan, turun mandi, sunatan makanannya lebih beragam dan tidak meninggalkan jenis makanan yang harus ada.

Lauk pauk untuk makanan sehari-hari umumnya lebih beragam tergantung kepada selera dan kondisi. Tetapi yang jelas, bahwa makanan masyarakat Minangkabau baik makanan sehari-hari atau makanan tradisi, mereka tidak mengenal bumbu-bumbu penyedap, bumbu-bumbu pengawet dan bumbu-bumbu penyegar. Boleh dikata, tanpa disadarinya, mereka telah terbebas dan terhindar dari efek samping bahan-bahan kimia yang kemudian terbukti lebih banyak merusak tubuh dan kesehatan.

Makanan tradisi dibedakan berdasarkan cara pembuatannya; direndang, digulai, dibakar, dilempap, direbus, diulam (makanan mentah).

Jika anda ke padang kami juga menyediakan Souvenir Minang,seperti:
Keripik sanjai, Keripik renyah ini merupakan keripik ubi kayu yang bertekstur lebih renyah. keripik sanjai ini merupakan makanan khas yang berasal dari bukittinggi. keripik sanjai sangat tepat…
Rakik, bahasa padangnya Peyek. Di daerah Jawa sering kita temui peyek/rempeyek, Rakik kacang terbuat dari tepung yang berbumbu. Rakik kacang rangkiang.com berbeda daripada yang lain,…
Sajian Kuliner Kapau Orang Minangkabau, lebih dari sekadar masakan Padang. Olahan masakannya lebih rumit. Peminatnya pun bakal kebingungan memilih. Gulai tambunsu atau ayam pop? Bebek cabai hijau atau gulai kepala kakap? Belut goreng atau gulai tempe?
Gulai tambunsu adalah gulai dengan usus 12 jari berisi adonan tepung beras dan telor bebek.Hhm… saat menentukan pilihan, air liur Anda mungkin sudah menggenang di mulut karena bermacam aroma harum sajian Kapau.
memasuki bulan suci, makanan dan minuman ringan Kapau bermunculan. Satu makanan kecil khas Kapau adalah godok tangguli atau godok tinta. Godok ialah campuran pisang dengan tepung yang dilumatkan dan digoreng. Kelengkapannya, itulah tangguli. Tangguli sebagai kuah atau tinta untuk godok tersebut. Tangguli dibuat dari gula merah tebu yang diencerkan. Kuah berwarna coklat tersebut seperti jeli encer. Boleh dicoba. Tidak ada di Jakarta. Apalagi yang namanya pecal kapau, ceritanya lain lagi.
Gulai tambunsu, ayam balado dengan tumbak bawang, dendeng, gulai tunjang, ikan mas, dan banyak lagi. Kelezatan masakan Uni Lis membuat keringat menetes di dahi, padahal di luar sana gerimis mengguyur membuat udara semakin sejuk.
Beberapa peserta menemukan es tebak dan ampiang dadiah yang unik. Para peserta diajak menikmati pical sikai, lemang tapai, pisang goreng ketan, dan rujak mak san yang sudah berjualan lebih dari 50 tahun!
Ayam pop Simpang Raya terasa sepuluh kali lebih nikmat ketika dinikmati sambil memandang Jam Gadang yang indah di bawah sinar bulan.
Sebut saja bubur kampiun, lemang tapai, atau es tebak (es campur khas Minang). Bubur kampiun adalah campuran kolak pisang, bubur sumsum, candil, ketan putih, dan sarikaya telur, yang kemudian diguyur gula merah cair.
Sarikaya telur yang dimaksud adalah adonan telur bebek, gula aren, santan, dan pandan. Beraroma campuran manis dan wangi, tentu saja menggoda untuk dicicipi.
Lemang tapai tak lain adalah ketan yang diberi santan kemudian dibakar selama dua jam. Uniknya, ketan ini dimasukkan ke dalam bambu. Dimakan bersama tape ketan hitam.
Es tebak adalah es campur dengan isi utama tebak, semacam cendol yang terbuat dari beras. Tebak berwarna putih dan lebih panjang dan tebal serta tidak lembek. Dulu penjual bubur ini ada di pacuan kuda di Bukitinggi. Silakan nikmati.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar